Jumlah Pengunjung

AmazingCounters.com

Total Tayangan Laman

Kamis, 03 Februari 2011

Kelebihan Dan Kekurangan WEB Based Email, POP, dan IMAP

A. WEB BASED E-MAIL
Web based e-mail adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses e-mail kecuali dengan cara tersebut.
Protokol yang digunakan sama dengan web yaitu protokol http (hypertext transfer protocol) Akses e-mail menggunakan browser internet seperti Internet Explorer, Mozilla FireFox, Opera dan lain-lain.
Kelebihan :
  • Karena beroperasi di halaman situs web, maka fungsi e-mail dapat diakses dari berbagai tempat sepanjang dapat terkoneksi dengan internet.
  • Tidak memerlukan mail client karena dapat berinteraksi dengan layanan tersebut langsung dari situs web.
Kekurangan :
  • Pada saat mengakses akun e-mail, koneksi tidak boleh terputus.
  • E-mail sulit diarsipkan, karena tersimpan di server penyedia layanan e-mail.
  • Jika server mengalami masalah, ada kemungkinan e-mail dan bahkan akun e-mail dapat hilang begitu saja.
Kapasitas:
            Besarnya media penyimpanan yang digunakan terbatas, tergantung penyedia layanan e- mail tersebut.

B. IMAP

IMAP (Internet Message Access Protokol) merupakan sebuah protokol yang dirancang agar user dapat mengakses e-mail pada mailbox serta dapat berinteraksi dengan mail server. Port yang digunakan oleh protokol ini dalam TCP/IP adalah port nomor 143. IMAP menggunakan koneksi yang terus-menerus ke server. Begitu ada email masuk, kamu akan segera melihatnya di email client. Berbeda dengan POP3 yang memeriksa email dalam interval waktu yang ditentukan. Email yang masuk sangat cepat masuk ke client kamu, seringkali lebih cepat daripada di web interface sendiri. Hampir seperti Blackberry! Namun kamu harus punya koneksi internet yang cukup baik untuk menggunakan IMAP.
Apa yang kamu lihat di inbox email kamu, itu pula yang kamu lihat di email client. Bahkan jika kamu menggunakan 10 email client, di web interface, desktop, notebook, ponsel, dsb, semua akan memperlihatkan email yang sama. Jika kamu menggunakan banyak device untuk mengakses email, IMAP merupakan pilihan yang lebih baik dari POP3.
Kelebihan :
  • Dengan IMAP, user dapat membuat, mengubah dan menghapus folder yang ada di server.
  • E-mail baru akan didownload dari server jika user ingin membacanya, sehingga e-mail juga dapat diakses dari tempat lain.
Kekurangan :
  • Server layanan e-mail memerlukan kapasitas resource yang agak tinggi.
C. POP3

POP (Post Office Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mengambil pesan dari mailbox pada komputer server dan menyimpannya pada komputer lokal pengguna POP3. Server menggunakan port 110 pada TCP/IP. POP saat ini sudah memasuki versi 3, sehingga lebih dikenal dengan nama POP3 (Post Office Protocol version 3). Dengan menggunakan POP3, maka email dapat diambil dari server dan disimpan di email client (seperti Outlook Expres, Eudora, dan The Bat), Jika ada client yang akan menggunakan layanan server, maka koneksi antara keduanya dilangsungkan. Setelah terkoneksikan, server POP3 akan memberikan sebuah pesan sambutan yang kemudian dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu tahapan otorisasi, dimana client harus mengidentifikasikan dirinya ke server POP3 dengan mengirimkan user id dan password.
POP3 mengambil e-mail dari server dengan satu kali koneksi. Artinya pada saat kita ingin membaca e-mail maka kita harus melakukan proses sinkronisasi di aplikasi e-mail client sehingga semua e-mail akan ditarik ke komputer lokal pada saat terjadi koneksi internet ke server.
Kelebihan :
  • Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak harus terkoneksi ke internet).
  • Melalui e-mail berbasis POP3 akses internet pada saat mengirim dan menerima dapat dikurangi.
  • E-mail berbasis POP3 lambat.
  • Lebih mudah dalam pengarsipan, karena e-mail disimpan di komputer pengguna
  • Hanya dapat dibuka dari komputer pemakai saja.
Kekurangan :
  • Harus menggunakan e-mail client seperti Outlook Express, Eudora Mail, Mutt, dan lain-lain.
  • Hanya dapat mengakses e-mail dari komputer yang terinstal e-mail client, tidak bisa mengecek e-mail Kamu dari sembarang tempat.
Kapasitas :
Besarnya media penyimpanan yang dapat digunakan untuk menampung e-mail dapat tak terbatas, tergantung besarnya kapasitas pada komputer lokal.

RINGKASAN PERBEDAAN  POP dan IMAP
KETERANGAN
POP3
IMAP
Email dapat ditinggalkan di Server
Setting “leave message” harus diaktifkan
Otomatis
Email beserta attachment-nya langsung di download ke local PC
Otomatis

Setting “Download all header and attachment” harus diaktifkan

Folder yang dibuat di Outlook otomatis muncul di Webmail dan sebaliknya
Tidak

Ya

Membaca email baru
Cepat
Ada delay sekitar 1-5 detik
Rule/Filter yang dibuat di Outlook otomatis berlaku di Webmail
Tidak

Hanya rule dari Webmail yang berlaku untuk Outlook

Email Backup

Backup email harus dilakukan manual kecuali setting “leave message on server” diaktifkan
Backup email otomatis dilakukan di server

Delete email
Email yang dihapus langsung masuk ke “Deleted Folder”

Email yang dihapus akan ditandai berupa garis coret pada header nya. Untuk menghapus secara permanent maka lakukan “Purge Deleted Messages”

Dari perbandingan di atas jelaslah bahwa perbedaan yang paling signifikan antara IMAP dan POP3 adalah kemampuan IMAP untuk melakukan sinkronisi Folder dan Rule terhadap Webmail.
Jika kamu adalah orang yang suka traveling dan membuka email tidak selalu dengan notebook kamu (mungkin meminjam notebook teman) maka IMAP adalah pilihan yang tepat (meskipun demikian kamu harus perhatikan masalah delay dan penghapusan email secara permanent yang memerlukan perintah “Purge Deleted Messages”). Kemampuan IMAP dalam hal membuat Rule/Filter langsung di server sangat membantu traveling-user dalam mengorganisasikan emailnya. Jika kamu tidak memerlukan fitur IMAP tersebut, maka POP3 adalah pilihan yang tepat.
Jika kamu lebih banyak menggunakan notebook sendiri maka pilihlah POP3 sebab lebih cepat dibandingkan IMAP dan lebih enak untuk membaca email ketika kamu offline.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More